Blitar, 27 Januari 2024 – PT Erlangga Edi Laboratories (Erela) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesehatan masyarakat melalui pelaksanaan operasi katarak gratis. Kegiatan ini diadakan di RSU Ananda Srengat, Kabupaten Blitar, dengan tujuan membantu masyarakat yang kurang mampu mendapatkan akses layanan kesehatan yang mereka butuhkan.

Painah (78), salah satu peserta operasi katarak gratis, merasa sangat senang dan berharap penglihatannya bisa kembali normal setelah operasi. "Mudah-mudahan penglihatan saya bisa jelas lagi, bisa momong cucu," ujarnya penuh harap. Selama lima bulan terakhir, penglihatannya semakin kabur meski sudah memakai kacamata. Biaya operasi yang tinggi, sekitar Rp 15 juta, membuatnya tidak mampu melakukan operasi sebelumnya.

Direktur PT Ananda Pratama dan dokter mata RSU Ananda Srengat, Bramantya, menjelaskan bahwa acara bakti sosial ini terselenggara berkat kerja sama dengan PT Erela. "Semua biaya operasi katarak ditanggung oleh PT Erela. PT Erela memproduksi obat terutama di bidang tetes mata," katanya.

Kegiatan ini menargetkan 25 pasien yang mengikuti operasi katarak gratis, dengan prioritas bagi warga kurang mampu yang tidak memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS. "Masyarakat yang membutuhkan operasi katarak tapi tidak ada biaya dan tidak punya asuransi seperti BPJS itu yang kami utamakan," tambah Bramantya.

Perwakilan PT Erela, Isnawan Adi Prasetyo, menjelaskan bahwa PT Erela memiliki tanggung jawab sosial untuk mendukung kesehatan mata masyarakat. "Kami ada kesempatan melakukan baksos. Dalam kegiatan ini kami tidak mungkin tidak melibatkan rumah sakit. Karena di rumah sakit ada alat, ada tenaga medis dan ada ruang operasi yang steril. Dan kali ini, kami kerja sama dengan RSU Ananda Srengat," katanya.

Pada tahun 2024, PT Erela menargetkan pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis untuk 500-600 mata. "Pada 2022 lalu ada lima titik operasi katarak gratis. Lalu 2023 sempat berhenti, karena kami fokus hal lain untuk CSR. Tahun ini jalan lagi dan kami targetkan ada 500-600 mata," ujar Isnawan.

Painah, warga Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, mengaku sangat bersyukur atas kesempatan ini. "Senang, akhirnya bisa operasi katarak. Operasinya gratis, tidak ada biaya," ucapnya penuh rasa syukur.

Informasi lebih lanjut hubungi: Nathasa 0896-6868-7118
Follow instagram official: @erela.id